Tentang FTSP

button-twitter.png button-facebook.png

Visi dan Misi

  1. Visi
Menjadi Fakultas yang handal, berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya pada bidang perencanaan, rancang bangun, dan rekayasa lingkungan binaan untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  1. Misi
  2. Meningkatkan peran serta Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan dalam menghasilkan sumber daya manusia yaitu lulusan yang memiliki kemampuan intelektual, profesional, mandiri dan berjiwa wirausaha, berstandar Internasional, dan berkarakter Trikrama Trisakti melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam bidang perencanaan, rancang bangun dan rekayasa lingkungan binaan.
  3. Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya yang berstandar internasional, berbasis pada kearifan lokal,  dalam bidang perencanaan, rancang bangun dan rekayasa lingkungan binaan guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  4. Meningkatkan peran serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dalam menanggapi  kebutuhan masyarakat dan Industri melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.
  5. Meningkatkan komitmen dan konsistensi dalam menegakkan good governance di lingkup Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.
c. Tujuan 
  1. Mewujudkan Visi dan Misi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan melalui peningkatan pemahaman oleh pemangku kepentingan dan menjadikannya sebagai pedoman penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya yang berstandar internasional, berbasis pada kearifan lokal,  dalam bidang perencanaan, rancang bangun dan rekayasa lingkungan binaan guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  3. Menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, adil, arif, berkarakter Trikrama Trisakti, cerdas, sehat, mandiri, kreatif, inovatif dan berpengetahuan luas, mampu berkomunikasi, bekerjasama, dan menghormati kemajemukan bangsa, berjiwa kewirausahaan, dan berdaya saing global.
  4. Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi sumber daya manusia yang berstandar internasional  guna meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang perencanaan, rancang bangun dan rekayasa lingkungan binaan.
  5. Mewujudkan budaya akademik yang memacu pengembangan diri melalui proses penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang produktif, efektif dan efesien dalam ikut membangun masyarakat adab (civil society).
  6. Meningkatkan  sistem pengelolaan, kualitas dan ketersediaan sarana prasarana, dana dan sistem informasi, untuk mendukung terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi dalam lingkup Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.
  7. Memantapkan budaya penelitian, publikasi ilmiah, dan menyumbangkan karya nyata dalam bidang perencanaan, rancang bangun dan rekayasa lingkungan binaan  yang bermanfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  8. Mengembangkan kemitraan antara Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dengan lembaga pendidikan tinggi lain, asosiasi profesi, dunia industri, pemerintah, dan masyarakat, dalam dan luar negeri.
d. Sasaran
  1. Visi, Misi, dan Tujuan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dipahami oleh pemangku kepentingan dan dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di tingkat Fakultas.
  2. Tercapainya Akreditasi A standar BAN PT untuk seluruh program studi di lingkup Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta mendapat status akreditasi internasional  dengan dukungan tata pamong yang partisipatif, andal, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil, berstandar internasional dan diterapkannya manajemen mutu secara berkesinambungan dan konsisten untuk mendukung pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan.
  3. Dihasilkannya lulusan yang berkarakter Trikrama Trisakti dan berdaya saing tinggi, baik di dalam maupun luar negeri dengan capaian 30% lulusan melanjutkan studi sesuai bidang ilmu, 70%  lulusan  bekerja  sesuai  dengan  bidang  ilmunya  dengan  masa  tunggu paling lama 12 bulan dan 10% diantaranya mencipt akan lapangan pekerjaan.
  4. Tercapainya kinerja lulusan yang berkualitas dan berprestasi, dibuktikan dengan rekomendasi dari 10 perusahaan besar dari dalam maupun luar negeri yang bergerak dalam bidang perencanaan, rancang bangun dan rekayasa lingkungan binaan.
  5. Tercapainya kualifikasi sumber daya manusia dengan 90% dosen berpendidikan S3 yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi program studinya; 80% dosen memiliki jabatan akademik GB + LK; Tenaga Kependidikan yang bersertifikat sesuai dengan bidang tugasnya; rasio dosen mahasiswa 1:10; dan 5 % dosen mendapat penghargaan bertaraf internasional; 5 % dosen memiliki pengalaman profesional sesuai bidang yang bertaraf internasional.
  6. Tercapainya kepuasan dosen dan tenaga kependidikan melalui pemberian kompensasi, peluang pengembangan kompetensi dan aktualisasi diri yang dikaitkan dengan hasil penilaian prestasi kerja dengan pemberian penghargaan dan sanksi (bonus, peserta pelatihan, promosi, teguran, demosi) untuk meningkatkan motivasi kerja, budaya dan etos kerja, keterbukaan dan kolegialitas.
  7. Tercapainya proses pembelajaran yang produktif, efektif, dan efesien yang berbasis pada Student Centered Learning dan terlaksananya program pertukaran dan kerjasama mahasiswa antar universitas di dalam dan luar negeri.
  8. Tersedianya sarana pendukung pendidikan dalam lingkup Fakultas berupa tempat ibadah,  ruang PPPK, kantin, ruang diskusi mahasiswa, ruang seminar, dan ruang pertemuan.
  9. Terciptanya suasana akademik yang kondusif melalui kurikulum yang memenuhi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, mendukung keragaman budaya antar bangsa, berbasis kearifan lokal, memenuhi tuntutan kebutuhan pasar dan prasyarat ilmu pengetahuan untuk membangun masyarakat adab.
  10. Tersedianya sarana sistem informasi dan e-learning yang selalu terbaharui baik substansi maupun sarana pendukungnya.
  11. Tersedianya sarana prasarana kegiatan Tridharma yang meliputi ruang kelas/diskusi/seminar/pameran, laboratorium, perpustaka-an, bengkel, studio,  yang berstandar dan atau bersertifikasi internasional yang dapat diakses untuk kepentingan umum.
  12. Tersedianya kecukupan dana dari sumber utama dan berbagai sumber tambahan dari dalam Universitas termasuk badan afiliasi, maupun dari luar Universitas Trisakti, guna kelangsungan dan peningkatan mutu penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi serta tersedianya dana sebesar 2% dari pendapatan untuk beasiswa dan pembangunan masyarakat di sekitar kampus.
  13. Terlaksananya kerjasama di bidang Tridharma dengan 5 Universitas yang termasuk 500 Universitas Terbaik dunia, dan kerjasama penelitian dengan paling sedikit 2 industri yang berbeda yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal internasional.
  14. Memberikan hasil kerja nyata dan pelatihan bagi pengembangan sumber daya regional di daerah binaan Universitas Trisakti dalam bidang perencanaan, rancang bangun dan rekayasa lingkungan binaan.
  15. Dihasilkannya publikasi ilmiah Nasional dan Internasional sejumlah 7 karya per dosen, dan 1 penemuan yang dipatenkan setiap lima tahun.
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti

icon-twitter.pngRecent Tweets

Di awal 2021 cukup menguras air mata, mudah-mudahan Allah melindungi kita semua, dan saudara-saudara kita yang seda… https://t.co/OGjqsw3DYK
Minggu, 17 Jan 2021 22:10
Pemprov DKI Jakarta kembali memperketat Pembatasan Sosial Berskala Besar berlaku mulai hari Senin (11/1) hingga dua… https://t.co/2lBiC7ot92
Pemprov DKI Jakarta
Sabtu, 9 Jan 2021 11:11
PSBB Transisi Jakarta diperpanjang 4 - 17 Januari 2021. Selalu Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan. Ingat 3 M (M… https://t.co/zhfHSbA8rL
Senin, 4 Jan 2021 06:06
Selamat Pagi Sivitas Akademika Usakti. Jaga kesehatan & tetap patuhi 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjag… https://t.co/HR36xH7yj2
Senin, 4 Jan 2021 06:06
Selamat Tahun Baru 2021 untuk seluruh Anggota Keluarga Besar Universitas Trisakti. #HappyNewYear2021 #HappyNewYearhttps://t.co/2KRQeuqdWX
Kamis, 31 Des 2020 20:08
@itsaleale_ SH : Sarjana Hukum? ada di Universitas Trisakti 👍
Sabtu, 26 Des 2020 15:03
Sambut Kebahagiaan di Hari Natal, 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021. sc: #trisaktipictures #natal #natal2020https://t.co/GC5euPE5tp
Kamis, 24 Des 2020 23:11
Selamat Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 20 Desember. " Kesetiakawanan Sosial Melawan Covid-19 " #HKSN2020https://t.co/gibpsIdSUc
Minggu, 20 Des 2020 17:05
via @Kemhan_RI Mars Bela Negara dalam versi rock, dibawakan oleh Ahmad Fanani. SELAMAT HARI BELA NEGARA KE -72, “… https://t.co/BnrF1WbRgm
Sabtu, 19 Des 2020 18:06
SELAMAT HARI BELA NEGARA KE -72 #AyoBelaIndonesiaku #HariBelaNegara #Usakti #Trisakti https://t.co/OVJUejdTs0
Sabtu, 19 Des 2020 11:11
SELAMAT HARI BELA NEGARA KE -72, “Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul” #AyoBelaIndonesiakuhttps://t.co/JyjTjYKM3U
Sabtu, 19 Des 2020 10:10
#SahabatTrisaktiMengaji #masjidasysyuhadatrisakti Kajian Tausyiah Bulanan Usakti bersama Dr. Musyaffa, Ad-Dariny,… https://t.co/nJdvvm5i61
Jumat, 18 Des 2020 09:09
Ralat: Join Zoom Meeting https://t.co/UmduUVH4Pn Meeting ID: 930 4461 5067 Passcode: Usakti
Jumat, 18 Des 2020 09:09
#SahabatTrisaktiMengaji #masjidasysyuhadatrisakti Kajian Tausyiah Bulanan Usakti bersama Dr. Musyaffa, Ad-Dariny,… https://t.co/8cCjCqmiwx
Jumat, 18 Des 2020 09:09
Ali Ghufron Mukti : Meski Sudah ada Vaksin Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19 harus dengan 3 T dan 3 M *Ketua Nasi… https://t.co/7DVv09uM6U
Kamis, 10 Des 2020 08:08
via @KRjogjadotcom Ali Ghufron Mukti : Meski Sudah ada Vaksin Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19 harus dengan 3 T d… https://t.co/lzCWuwBJOG
Kamis, 10 Des 2020 08:08
REUNI AKBAR ALUMNI KAMPUS TRISAKTI Trisakti Solid Indonesia Jaya Acara Reuni Akbar anak Kampus Trisakti untuk se… https://t.co/H8h8zgTltx
Sabtu, 5 Des 2020 22:10
REUNI AKBAR ALUMNI KAMPUS TRISAKTI Trisakti Solid Indonesia Jaya Acara Reuni Akbar anak Kampus Trisakti untuk sem… https://t.co/NCWKGE9c83
Sabtu, 5 Des 2020 16:04
Reuni Akbar @alumni_trisakti Malam ini jam 20.00 s.d 24.00 (5/12) https://t.co/OqsKuNgCKt
Sabtu, 5 Des 2020 15:03
👤@erickthohir : Selamat Merayakan Dies Natalis ke-55 Universitas Trisakti #diesnatalisusaktihttps://t.co/eHmWl88oU0
Selasa, 1 Des 2020 16:04

icon-fb.png Recent Posts

Guru Besar

Prof. Ir. Agus Budi Purnomo MS, PhD Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Nama Lengkap Agus Budi Purnomo, Prof, Ir, MS,PhD : Pangkat / Golongan Pembina Utama Madya : Fakultas / Jurusan /…

Hubungi Kami


Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia
Phone: (62-21) 566 3232
Fax: (62-21) 564 4270
Email: humas@trisakti.ac.id