Berita

Berita Thumbnail
Jumat, 12 Juni 2020
Oleh: Admin

CETA USAKTI 2020 : BUMN SERIES

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil, FTSP, Universitas Trisakti mengadakan acara tahunan dalam tajuk CETA (Civil Engineering Trisakti in Action).
Kegiatan CETA memiliki banyak rangkaian salah satunya adalah BUMN SERIES, tema yang di usung dalam BEUMN Series adalah Peran BUMN Konstruksi pada Masa Yang Akan Datang. Kegiatan CETA : BUMN Series ini dilaksanakan secara daring/online yang dimulai pada hari Rabu 9 Juni 2020 – Jum’at 12 Juni 2020. Kegiatan BUMN Series ini dilaksanakan secara simultan setiap hari pada rentang hari tersebut dengan pengisi acara merupakan perwakilan dari PT. Waskita Karya. PT. Wijaya Karya, dan PT. Pembangunan Perumahan.

Pada hari Selasa 9 Juni 2020 telah dilaksanakan BUMN Series Sesi yang pertama dengan narasumber Taufiq Iman Hidayat, ST., yang mewakili BUMN bidang konstruksi PT Waskita Karya, acara dipandu oleh Muhammad Randha mahasiswa dari Program Studi Teknik Sipil. Taufiq Iman Hidayat menjelaskan perkembangan industri konstruksi dari masa lalu sampai dengan perkembangan konstruksi yang mengikuti industry 4.0 yang menggunakan perkembangan teknologi dalam perencanaan dan pelaksanaan konstruksi. Teknologi yang digunakan dalam konstruksi masa depan adalah pre-fabrication & modular construction, advanced buildings materials, 3d printing & additibe manufacturing, autonomous contruction, augmented reality & virtualization, Bid data & Predictive analytics, wireless monitoring & connected equipment, cloud &real time collaboration, 3d scanning & photogrammetry, dan Building Information Modeling. Pembicara membahas lebih detail tentang pemanfaatan BIM pada tahap perencanaan dan pelaksanaan konstruksi yang telah dilaksanakan oleh PT Waskita Karya.

BUMN Series sesi kedua di isi oleh Rahmad Erwan Pramudya dari PT. Wijaya Karya yang dilaksanakan pada hari kamis 11 Juni 2020 mnejelaskan tentang perkembangan industry konstrksi yang dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya dalam proyek-proyek infrastuktur strategis nasional seperti pembangunan jalan tol, pembangunan gedung-gedung pemerintahan, bendungan, kereta cepat, dan proyek pekerjaan pembangunan lanjutan terminal 3 Bandar Udara Soekarno Hatta dengan menggunakan inovasi autamted people mover system (APMS). Pembicara menjelaskan tenologi yang digunkaan pada saat perencanaan yaitu proses input data dalam BIM, kemudian pemodelan struktur jembatan, dan yang terakhir adalah melakukan scanner topografi proyek menggunakakan laser scanner. Proses perencanaan menggunakan teknologi sangat membantu dalam efisiensi waktu dan koordinasi antar bidang.

BUMN series sesi 3 akan dilaksanakan pada hari jum’at 12 juni 2020, dapat di ikuti secara live pada chanel official Youtube Trisakti University Himpunan Mahasiswa Sipil