Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 14 September 2021
Oleh: Admin

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Trisakti berhasil meraih peringkat ke-1 untuk Kategori Sustainable Faculty Award

Berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Trisakti Nomor: 108 / AU.00.02 / FTSP-USAKTI / XI / 2019 telah ditetapkan panitia Go Green sebagai tim penggerak di FTSP untuk program Kampus Berkelanjutan. Berikut Pengurus Go Green FTSP Universitas Trisakti:

Dekan: Dr. Ir A. Hadi Prabowo, MT

Penanggung Jawab: Wakil Dekan I: Dr. Ir Popi Puspitasari, MT

Pengarah:

Wakil Dekan II: Ir. Khotijah Lahji, MT

Wakil Dekan III: Raflis, ST, MT

Wakil Dekan IV: Dr. Lisa Oksri Nelfia, ST, MT, MSc

Penasehat:

Ka Senat FTSP: Ir Enny S Sardiyarso, MA

Dosen : Ir. Bambang Endro Yuwono, MT

Dosen : Dr. Ir. Agus Saladin, MA

Ketua:

Dr.Ing. Ir. I G. Oka Sindhu Pribadi, M.Sc., M.M.

Wakil Ketua:

Lisa Oksri Nelfia, S.T., M.T., M.Sc.

Anggota:

Dr. Ir. Etty R. Kridarso, M.T.

Ir. Sih Andajani, Dipl. DIA

Ir. Khotijah Lahji, M.T.

Rizki Fitria Madina, S.T., M.T.

Sri Novianti Pratiwi, S.Pd., M.T.

Ir. Lili Kusumawati, M.T.

Ir. Sri Tundono, M.T.

Raflis, S.T., M.T.

Perjuangan komite Go Green FTSP ini berbuahkan hasil, yaitu meraih juara 1 kategori Sustainable Faculty Competition di acara DIES ke-55 Universitas Trisakti.

Kegiatan untuk mencapai Sustainable Campus tidak hanya dilakukan untuk tridarma perguruan tinggi, tetapi juga programkerjasama dengan pihak industrik. Kerjasama dengan pihak industri dilakukan dengan PT Growth Java Industry, PT Jaya Beton Indonesia, dan Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia (IABHI). Selain itu, FTSP juga melakukan kegiatan-kegiatan yang berupaya dalam mengkonservasi lingkungan seperti kampanye penggunaan botol minum sendiri, penataan kawasan zero runoff surface di sekitar gedung fakultas, dll.

Di bidang pengajaran, FTSP Universitas Trisakti telah melakukan pemetaan terhadap mata kuliah yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Mata kuliah tersebut akan ditingkatkan mutunya supaya dapat lebih mendukung. Selain itu, FTSP juga memiliki MK Rekayasa Lingkungan Terbangun sebagai mata kuliah wajib Fakultas.

Dosen-dosen FTSP Universitas Trisakti juga aktif dalam melakukan penelitian mengenai kampus yang nyaman dan ramah terhadap lingkukngan. Beberapa judul penelitian yang dilakukan adalah penelitian sistemdaur ulang air, kenyamanan termal, kenyamanan visual, dll. Penelitian-penelitian ini dilakukan di Gedung C, Gedung FTSP Universitas Trisakti, supaya Gedung C menjadi gedung yang green dan sustainable.

Para dosen, mahasiswa dan tenaga pendidik juga turut berperan aktif dalam program Go Green ini. Mahasiswa mempunyai program tahunan yang bernama BAKDAR FTSP Usakti (Bhakti Darma FTSP USAKTI). Melalui program ini, mahasiswa diajak turun ke masyarakat untuk membangun lingkungan, seperti menanam pohon, membuat bak sampah, memberikan bantuan ke madrasah, dll. Para dosen juga turut aktif melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), seperti melakukan penyuluhan kepada masyarakat dengan tema sistem daur ulang air, ventilasi yang baik, efisiensi AC dan listrik, dll.

Seluruh program dan pencapaian yang banyak ini tidak luput dari kerjasama yang baik dari seluruh pihak yang mengelola FTSP Universitas Trisakti. FTSP Universitas Trisakti mengucapkan banyak terima kasih kepada para pihak yang mendukung Program Go Green FTSP ini. Semoga FTSP Universitas Trisakti dapat berkontribusi lebih banyak lagi dalam pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.