Berita

Berita Thumbnail
Senin, 04 Mei 2020
Oleh: Admin

Kuliah Tamu Perancangan Arsitektur 2

Program Studi Sarjana Arsitektur, FTSP, Universitas Trisakti pada hari Rabu, 29 April 2020
Program Studi Sarjana Arsitektur, FTSP, Universitas Trisakti pada hari Rabu, 29 April 2020 menyelenggarakan kuliah tamu secara daring/on line untuk mata kuliah Perancangan Arsitektur 2 dengan topik “Merancang Rumah di Perkotaan” bertujuan untuk memaksimalkan capaian pembelajaran mahasiswa MK Perancangan Arsitektur 2. Pembicara pada kuliah tamu adalah Arsitek Profesional Sandi Baratama dan Niko Adiatma dari Biro  Semiotic Arsitek dan juga merupakan alumni Jurusan Arsitektur, FTSP, Universitas Trisakti. Pembicara memiliki pengalaman yang baik dalam bidang perancangan arsitektur serta banyak memenangkan sayembara nasional di bidang arsitektur. Acara dipandu oleh Sri Novianthi Pratiwi, SPd, MT, dosen Jurusan Arsitektur, FTSP, Universitas Trisakti.

Materi yang disampaikan adalah 4 (empat) cara sederhana dalam mendapatkan ide ketika merancang rumah tinggal/ bangunan, yaitu :

  1. Mencari masalah, sebagai perancang berusaha memecahkan masalah tersebut
  2. Mendengar, dengan memperlajari kondisi lingkungan sekitar dan regulasi yang ada
  3. Melihat dan mencari referensi sangat penting dalam mengolah desain
  4. Menuliskan konsep/ide untuk mengoptimalkan perancangan
Dua masalah utama yang dihadapi dalam pembangunan rumah tinggal di perkotaan adalah  lahan dan biaya bangunan. Metoda dalam perancangan rumah tinggal di perkotaan terdapat 2 poin utama yaitu, (1) penataan ruang berdasar dimensi dan tata layout furniture, (2) penataan ruang berdasarkan dimensi material. Metode tersebut membantu perancangan rumah tinggal di perkotaan terutama di lahan dan biaya yang terbatas.

Kuliah tamu ini berkaitan dengan tema tugas besar MK Perancangan Arsitektur 2 yaitu merancang rumah tinggal di lahan terbatas bagi masyarakat perkotaan. Proses merancang yang dilakukan di perkuliahan mengadopsi proses merancang yang dilakukan di dunia profesi. Sehingga diharapkan dengan mengundang praktisi untuk menceritakan pengalamanya saat berpraktek profesi akan membantu mahasiswa dalam proses perancangan di studio Perancangan Arsitektur 2.

Video dapat diakses melalui tautan :

https://drive.google.com/file/d/1yW4uKG9veaKAylp6dOIdam2Ljxu3I-vL/view