Berita

Berita Thumbnail
Senin, 04 Mei 2020
Oleh: Admin

Kuliah Umum “ Budaya Betawi dalam konteks Arsitektur Nusantara”

Program Studi Sarjana Arsitektur, FTSP, Universitas Trisakti pada hari Sabtu, 2 Mei 2020 mengadakan kuliah umum secara daring/on line untuk mata kuliah Sejarah Arsitektur Nusantara.
Kuliah umum menghadirkan nara sumber dari Lembaga Kebudayaan Betawi dan alumni jurusan Arsitektur, FTSP, Universitas Trisakti Dorri Herlambang, ST, MT. dengan tema “ Budaya Betawi dalam konteks Arsitektur Nusantara”. Acara diawali dengan pengantar tentang Budaya dan Arsitektur Nusantara pada Periode Arsitektur Vernakular/Arsitektur Tradisional oleh  Ir. Sri Handjajanti, MT dan dipandu oleh Sri Novianthi Pratiwi, S.Pd, MT dosen Jurusan Arsitektur, FTSP, Universitas Trisakti.

 

Materi yang disampaikan meliputi  pengetahuan tentang budaya betawi dalam rumah adat betawi, antara lain sebaran wilayah rumah, tipe rumah, keunikan bentuk atap, tata ruang dalam, tata ruang luar, motif ornamen dan karakteristik material bangunan. Kuliah umum diikuti oleh mahasiswa peserta mata kuliah Sejarah Arsitektur Nusantara, Dosen Jurusan Arsitektur Universitas Trisakti , Universitas  di luar Trisakti (Binus, ITI, Tanri Abeng, Unikom, UIN Syarief Hidayatulah, Esa Unggul, UPI, Gorontalo) dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Kuliah umum diharapkan bisa menambah wawasan tentang Budaya Betawi kepada dosen, praktisi dan khususnya mahasiswa arsitektur.