Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 31 Agustus 2021
Oleh: Admin

Study in France: Study opportunity with a scholarship in France (FTSP)

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti berkolaborasi dengan Kantor Urusan International Kerja Sama dan Kebudayaan (KUIKK) mengadakan acara Study in France: Study opportunity with a scholarship in France yang diadakan pada Kamis, 22 Juli 2021 melalui metode daring

 

 

 

Acara diawali dengan sambutan dari Dr. Ir. A Hadi Prabowo, MT selaku Dekan FTSP Usakti yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya webinar ini untuk dapat memberikan informasi beasiswa dari pemerintah Perancis  untuk jenjang S2 dan S3 bagi para dosen dan mahasiwa di lingkup Universitas Trisakti.

 

 

 

Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, selaku Rektor Universitas Trisakti menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi kita semua khususnya dalam rangka Exsposure Internasional Universitas Trisakti, ini adalah pertmuan kedua dengan kedutaan Perancis, setelah beberapa bulan yang lalu wakil Duta Besar Perancis berkenan hadir di Universitas Trisakti dan kegiatan ini adalah salah satu followup kunjungan dari Wakil Duta Besar Prancis yang lalu dan kedepan masih banyak kegiatan yang bisa kita laksanakan bersama Kedutaan Perancis di Indonesia

 

 

 

Dr. Philippe Grange (Atase Kerjasama Bahasa Perancis Kedutaan Besar Prancis di Indonesia menyampaiakan bahwa mutu perguruan tinggi di perancis cukup merata dikarenakan jika melihat dari sisi ekonomi biaya pendidikan di perancis sama  saja, mau mendaftar Perguruan tinggi di Perancis Utara, Utara dan Barat atau timur biaya kuliah sama saja dikarenakan Universitas Negeri, untuk dapat diketahui bahwa biaya perguruan Tinggi Negri Cukup murah dikarenakan di subsisdi oleh Pemerinatah Perancis sebesar 70%.

 

 

 

Sesi pertama diawali diskusi interaktif tentang testimoni alumni Prancis dengan Pak Rektor Prof. Dr. Kadarsah Suryadi, DEA. Beliau menceritakan pengelaman dan kesan-kesan beliau selama menempuh Pendidikan di Prancis S2 serta S3. Banyak hal yang diperoleh oleh peserta webinar dari hasil dialog ini salah satunya perlu meluruskan niat untuk melanjutkan study di Prancis, berkomunikasi dengan Prof di Universitas yang dituju serta mencari peluang beasiswa serta menyiapkan persyaratannya dengan baik.

 

 

 

Untuk Sesi kedua adalah presentasi tentang IFI (Institut Français Indonesia) dan Campus France serta kesempatan kuliah di Prancis dengan beasiswa dan informasi teknis persiapan kuliah dan beasiswa yang ditawarkan.

 

 

 

Hadir sebagai pembicara

 

 

 

1.    Slyvain Lelong – Lacroix (Koordinator Kerjasama Universitas & coordinator National Campus France Indonesia)

 

 

 

2.    Annisa Fauziah (Wakil Asisten Kerjasama University)

 

 

 

Dengan moderator Dr. Lisa Oksri Nelfia, ST, MT, MSc delaku Wakil Dekan IV Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti

 

 

 

Dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab dan dilanjutakn dengan foto bersama

 

 

 

Semoga dengan adanya webinar ini dapat memberikan informasi kepada para mahasiswa dan dosen untuk dapat meneruskan jenjang pendidikannya melalui beasiswa  di Negara Prancis.

 

 

 

Sumber Berita : UPT Humas